Wednesday, 30 August 2017

Suka Karya Seni? Pasang Aplikasi Google Ini di Ponselmu

Apakah kamu suka melihat-lihat karya seni di internet? Mungkin kamu tipe yang selalu mencari museum setiap kali melancong? Jika kamu pengguna internet Simpati dan ponsel Android, kamu bisa mengunduh aplikasi Arts & Culture, aplikasi Google yang mengajakmu menjelajahi berbagai karya seni terkemuka dunia serta museum dan galeri terkenal. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menikmati karya seni di genggaman tanganmu, serta melihat isi galeri terkenal dunia menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) yang diterapkan Google.

Apa Itu Aplikasi Google Arts & Culture?

download aplikasi google play android
Source - androidauthority
“Memangnya apa manfaat aplikasi Arts & Culture kalau sudah ada Google?”
Mungkin kamu berpikir begitu ketika mengetahui keberadaan aplikasi Arts & Culture ini. Tetapi, jika kamu peminat seni dan ingin cara lebih mudah untuk menikmati karya seni, aplikasi ini membuat semuanya jadi lebih mudah. Google Arts & Culture bukan hanya menyediakan arsip karya-karya seni seperti lukisan, patung, mozaik, dan ukiran, tetapi juga informasi di balik setiap karya seni dalam bentuk linimasa informasi.
Cara kerja aplikasi Google Arts & Culture sebenarnya hampir sama dengan Google Images. Kamu bisa memasukkan kata-kata kunci tertentu (dalam bahasa Inggris) ke dalamnya seperti “flowers”, “houses”, “mountains”, dan sebagainya. Hasil yang keluar adalah karya seni yang berkaitan dengan kata-kata kunci yang kamu masukkan, misalnya lukisan bertema bunga, rumah, atau pemandangan pegunungan.
Berbagai karya seni yang ditawarkan dalam aplikasi ini berasal dari sekitar 70 negara, sehingga kamu bisa menambah pengetahuan tentang dunia seni internasional hanya dengan aplikasi dan ponsel. Kamu juga bisa melihat panorama di bagian dalam berbagai museum dan galeri, lengkap dengan sudut pandang 360 derajat, mirip dengan foto 360 derajat di Google Maps. Aplikasi Google Arts & Culture tidak menghabiskan banyak kuota, jadi kamu bisa mengirit uang untuk beli paket Simpati di situs Traveloka demi menikmati berbagai karya seni langsung di tanganmu.

Tur Seni di Ponselmu lewat Google Arts & Culture

download aplikasi google seluler
Source - uncrate
Kenapa Google Arts & Culture lebih baik daripada Google Images atau Google Photos? Pertama, kamu bisa mengakses karya seni di satu tempat, sehingga kamu tidak perlu mengetik kata kunci spesifik berkali-kali. Cukup ketik kata-kata kunci sederhana yang mengandung elemen karya seni yang kamu cari, dan hasil yang akan kamu peroleh sudah pasti berupa karya seni, seperti lukisan atau ukiran.
Tertarik dengan karya-karya seniman tertentu? Kamu bisa menggunakan tampilan linimasa di aplikasi ini untuk melihat profil singkat serta berbagai karya seorang seniman, sesuai dengan kronologi waktu. Misalnya, jika kamu ingin melihat-lihat karya pelukis Italia Michelangelo, kamu bisa membuka salah satu lukisannya, melihat profilnya, lalu melihat informasi tentang karya-karyanya yang lain berdasarkan kronologinya. Jadi, pengalamanmu melihat “pameran seni tunggal” ini pun lebih lengkap.
Kamu juga bisa menjelajahi koleksi karya seni dengan cara unik. Misalnya, jika kamu tertarik dengan karya seni yang didominasi warna tertentu seperti merah, biru, kuning, putih, atau warna emas (gold), kamu bisa menggunakan skema warna untuk menyaring hasil pencarian karya seni di aplikasi ini.
Keunggulan aplikasi ini tidak berhenti sampai di situ. Kamu juga bisa memilih di antara ribuan galeri ternama di 70 negara, lalu “masuk” ke dalamnya dan melihat karya-karya seni yang dipamerkan, sama seperti di tempat aslinya. Fitur Ekspedisi di aplikasi ini membuatmu bisa melihat bagian dalam galeri dengan tampilan 360 derajat (semua arah), sehingga pengalamanmu menjadi lebih lengkap, seolah kamu benar-benar pergi ke galeri tersebut. Kamu juga bisa menjelajahi galeri seperti jika kamu menggunakan Google Street View dan Google Maps.

Aplikasi Canggih untuk Mengenali Karya Seni

macam macam aplikasi google
Source - forbes
AplikasiGoogle Arts & Culture juga cocok untuk kamu yang hobi melancong dengan tujuan melihat karya seni. Jika kamu ingin belajar seni dengan langsung melihat-lihat galeri dan museum terkenal, segera susun rencana perjalananmu lewat Traveloka, lalu bawa ponselmu untuk menjelajahi berbagai karya seni sambil belajar. Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah “Art Recognizer” (fitur untuk mengenali karya seni).
Dengan fitur ini, kamu bisa belajar mengenali karya seni langsung di tempatnya dipajang, misalnya di Galeri Dulwich di London, Museum Louvre di Paris, Kuil Zeus di Yunani, hingga Galeri New South Wales di Sydney, Australia. Caranya, kamu tinggal menyalakan fitur ini, lalu mengarahkan kamera ponselmu ke depan lukisan atau ukiran yang ingin kamu kenali. Google Arts & Culture akan “mengenali” karya tersebut, kemudian memberimu informasi lengkap tentang karya itu. Kamu jadi bisa belajar untuk lebih peka terhadap karya seni.

Siapa bilang menikmati seni hanya untuk orang kaya atau pelancong berduit? Aplikasi ini adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mengisi ponselmu dengan hal-hal indah dan “bermanfaat”. Nyalakan koneksi paket internet Simpati kamu, dan nikmati berbagai karya seni indah serta informasi bermanfaat di baliknya lewat Google Arts & Culture.

Suka Karya Seni? Pasang Aplikasi Google Ini di Ponselmu Rating: 4.5 Posted By: JEFRI